Penyakit Abses

PENYAKIT ABSES

DEFINISI
Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri.

Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi.
Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi.
Sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, bergerak ke dalam rongga tersebut dan setelah menelan bakteri, sel darah putih akan mati.
Sel darah putih yang mati inilah yang membentuk nanah, yang mengisi rongga tersebut.

Akibat penimbunan nanah ini, maka jaringan di sekitarnya akan terdorong.
Jaringan pada akhirnya tumbuh di sekeliling abses dan menjadi dinding pembatas abses; hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.
Jika suatu abses pecah di dalam, maka infeksi bisa menyebar di dalam tubuh maupun dibawah permukaan kulit, tergantung kepada lokasi abses.



PENYEBAB
# Suatu infeksi bakteri bisa menyebabkan abses melalui beberapa cara: bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka yang berasal dari tusukan jarum yang tidak steril
# bakteri menyebar dari suatu infeksi di bagian tubuh yang lain
# bakteri yang dalam keadaan normal hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang bisa menyebabkan terbentuknya abses.

Peluang terbentuknya suatu abses akan meningkat jika:
# terdapat kotoran atau benda asing di daerah tempat terjadinya infeksi
# daerah yang terinfeksi mendapatkan aliran darah yang kurang
# terdapat gangguan sistem kekebalan.

Abses bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru, mulut, rektum dan otot.
Abses sering ditemukan di dalam kulit atau tepat dibawah kulit, terutama jika timbul di wajah.

GEJALA
Gejala dari abses tergantung kepada lokasi dan pengaruhnya terhadap fungsi suatu organ atau saraf.
Gejalanya bisa berupa:
- nyeri
- nyeri tekan
- teraba hangat
- pembengkakan
- kemerahan
- demam.

Suatu abses yang terbentuk tepat dibawah kulit biasanya tampak sebagai suatu benjolan. Jika abses akan pecah, maka daerah pusat benjolan akan lebih putih karena kulit diatasnya menipis.
Suatu abses di dalam tubuh, sebelum menimbulkan gejala seringkali terlebih dahulu tumbuh menjadi lebih besar. Abses dalam lebih mungkin menyebarkan infeksi ke seluruh tubuh.

DIAGNOSA
Abses di kulit atau dibawah kulit sangat mudah dikenali, sedangkan abses dalam seringkali sulit ditemukan.
Pada penderita abses, biasanya pemeriksaan darah menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Untuk menentukan ukuran dan lokasi abses dalam, bisa dilakukan pemeriksaan rontgen, USG, CT scan atau MRI.


PENGOBATAN
Suatu abses seringkali membaik tanpa pengobatan, abses pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan isinya.
Kadang abses menghilang secara perlahan karena tubuh menghancurkan infeksi yang terjadi dan menyerap sisa-sisa infeksi. Abses tidak pecah dan bisa meninggalkan benjolan yang keras.

Untuk meringankan nyeri dan mempercepat penyembuhan, suatu abses bisa ditusuk dan dikeluarkan isinya.

Suatu abses tidak memiliki aliran darah, sehingga pemberian antibiotik biasanya sia-sia.
Antibiotik bisa diberikan setelah suatu abses mengering dan hal ini dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya.

41 komentar:

Inggar mengatakan...

Selamat, pagi.. saya mau tanya, saat ini ayah saya sedang sakit, menurut dokter umum (yg ada di dekat rumah) katanya ayah saya terkena Abses di kaki nya. gejala nya memang mirip seperti deskripsi diatas, setelah pecah gelembungnya, kaki ayah saya disayat untuk mengeluarkan kulit dan nanahnya. sapami sekarang kaki ayah saya masih seperti yang borok besar. jujur sebagai orang awam saya ga tega liatnya, tp kata dokter itu tdak apa. sya minta bantuan, apa yg harus sya lakukan untuk penyakit Ayah saya. Terima kasih

febrinaaa mengatakan...

Selamat siang..
Saya ingin menanyakan ttg pantangan mknan bagi penyakit abses..
Pacar saya mengidap pnykt itu..
Benjolan nanah di Leher kanan sudah pecah.. namun lukanya bloom tertutup.
Apa yg harus dilakukan..
Terimakasih..

febrinaaa mengatakan...

Selamat siang..
Saya ingin menanyakan ttg pantangan mknan bagi penyakit abses..
Pacar saya mengidap pnykt itu..
Benjolan nanah di Leher kanan sudah pecah.. namun lukanya bloom tertutup.
Apa yg harus dilakukan..
Terimakasih..

agussalam mengatakan...

selamat sore...
saya mau nanya, apa pantangan makanan buat penderita abses?
di tunggu jawabannya.. :)
terima kasih...

Anonim mengatakan...

selamat sore.....
saya ingin menanyakan saya sudah 2x d operasi penyakitnya sama kata dokter katanya abses tapi d operasinya d bagian payudara kenapa kl abses tidak ada mata nya terus kenapa sampe bisa terjadi 2x?apa yg harus saya lakukan supaya penyakit ini tidak muncul lagi?

terimakasih.....

Anonim mengatakan...

Ibu neneng berkata...
Selamat siang...saudara saya mangalami benjolan di pelipis bagian kiri nya, kalau diraba keras tetapi tidak terasa.
Sudah di rongen 2 kali tetapi penyakitnya tidak dapat terditeksi.
Apakah itu juga termasuk penyakit abses?

Anonim mengatakan...

assalamu'alaikum .. Ya saya pernah menderita penyakit itu ... Namun pengobatannya saya dengan 3 hari opname setelah di opname tidak ada hasil'a sehingga saya dilarikan ke dokter bedah ... Dan akhirnya saya di operasi bagian pipi dalam karena abses saya terjadi dipipi kanan dalam ..... Setelah saya baca posting ini .. Saya berfikir obat yang masuk k tubuh saya ketika opname itu sia-sia dan membuang uang begitu banyak

Ronny mengatakan...

Anti biotik tidak bisa menyembuhkan abses, karena lokasi abses tidak ada pembuluh darahnya. solusinya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan mengkonsumsi ionic colloidal silver water, dan jika luka sudah terbuka dapat disemprotkan langsung ke luka, umumnya dalam 5 hari luka sudah sembuh tertutup kembali. Ronny 0818871261 (untuk informasi silver water)

Unknown mengatakan...

selamat pagi, saya mau tanya apa obat dari penyakit abses? saya sudah ampir 6 bulan menderita penyakit itu di leher saya, terimakasih.

Unknown mengatakan...

selamat siang..

saya ingin bertanya,apa kira2 obat atau ramuan atau tindakkan untuk mengurangi nyeri dan ngilu pada bagian yang terkena abses, karena Ibu saya sudah 2 minggu sejak didiagnosa dokter terkena abses dibagian payudara sebelah kanan terus mngalami rasa ngilu, bengkak (seperti benjolan memerah) dan panas.sementara untuk ditindak lanjut ke pembedahan untuk mengeluarkan nanahnya dokter belum menyarankan krn gula darah Ibu saya sedang naik.

terimakasih..

Unknown mengatakan...

kalau abses di kepala sebaik ya langkah medis apa yang harus di lakukan?

Anonim mengatakan...

Sore dok. 3 thn lalu saya menderita abses dibagian antara pantat dan vagina abses tersebut pecah kemudian dilakukan tidakan bedah utk membersihkan abses..yg jadi pertanyaan saya kenapa sampai sekarang luka itu belum sembuh dan menimbulkan rasa nyeri yg hebat sehingga saya sulit utk melakukan aktivitas..bagaimana cara yg harus saya lakukan dok agar luka saya sembuh? Trimaksih

Anonim mengatakan...

Sore dok. 3 thn lalu saya menderita abses dibagian antara pantat dan vagina abses tersebut pecah kemudian dilakukan tidakan bedah utk membersihkan abses..yg jadi pertanyaan saya kenapa sampai sekarang luka itu belum sembuh dan menimbulkan rasa nyeri yg hebat sehingga saya sulit utk melakukan aktivitas..bagaimana cara yg harus saya lakukan dok agar luka saya sembuh? Trimaksih

Unknown mengatakan...

dok. saya ada benjolan disebelah kanna lubang anus, kata dokter bedah disuruh operasi katanya abses, tapi katanya setelah operasi belum bisa menjamin abses tidak muncul lagi, gimana perawatan jika tidak dioperasi?

Unknown mengatakan...

sekedar sharing, saya juga penderita penyakit abses kulit, pada khasus saya ini terjadi pada pipi kiri saya, dan saya sudah melakukan tindakan oprasi di salah satu RS di MADIUN, dan pada akhir nya beberapa bulan kemudian abses nya kambuh lagi dan di bagian yg sama (pipi kiri) ,trus kambuh sampai 4-5 kali kambuh dan sampai saat ini belum sembuh, tapi pada suatu ketika saya mencoba untuk meminum rebusan daun sirsak,dan pada waktu itu abses saya menjadi gosong dan kering . dan saya dalam waktu -+ 2 bulan tidak mengkomsumsi daun sirsak dan pada akhirnya abses saya kambuh lagi saat ini.
mungkin teman2 yg mempunyai sakit abses kulit bisa mencoba untuk mengkomsumsi rebusan daun sirsak ,jika Tuhan menghendaki sembuh total ..itu akan trjadi :)

sakit apapun itu jika kita melawannya dengan rasa penuh semangat dan tidak DOWN , pasti akan sembuh . YAKIN !!!

Unknown mengatakan...

Selamat sore..
3 hari yang lalu ada pembengkakan di pantat saya sebelah kanan tepatnya di dekat lubang anus..oleh adik saya dibersihkan dengan alkohol dan malam harinya benjolan tsb pecah mengeluarkan darah dan nanah.Besoknya saya periksa ke dokter,katanya penyakit saya ini abses.Kemudian nanah2nya dikeluarkan oleh dokter tapi tidak semua karena msh ada yg keras dan dokter tidak tega melihat saya kesakitan.Kemudian dokter memberi kasa yg direndam NaCl kemudian dipasangkan ke abses tsb.Sampai hari ini saya rĂ¹tin mengganti kasa dan setiap penggantian selalu keluar darah dan nanah.Yg terakhir banyak sekali nanah yang keluar.
Yang ingin saya tanyakan,bagaimana supaya luka nya cepat kering?karena luka nya bikin pegal dan perih.Saya pun tidak dapat tidur nyenyak karena untuk terlentang pun sakit.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih dan semoga berkenan untuk membalas.

Unknown mengatakan...

malem, Ayahku kan awal nya sakit gigi akibat berkali kali ngejejalin obat skt gigi ke gigi bolong eh jd abses atau mandi bula, skrg sih tggl benjolan kcl di pipi knn, sama ada rasa linu pd gigi dan gusi, nah gmn cara penyembuhan secara maximal agar tdk kambuh2 setelah operasi 3 minggu lalu ? ditunggu jawabannya thx

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

Perkenalkan Nama saya Mr. X . Saya pernah Operasi Di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat Dokter Yang menangani namanya Dr. Ferdy Limengka, SpB. Nama Penyakit saya "Abses Pherianal". Sudah 1 tahun lebih lubang bekas sayatan masih mengeluarkan nanah dan benjolan tsb masih ada (saat operasi hanya dikempesin diambil nanahnya saja). Dalam kurun waktu 1 tahun ini, ketika saya makan sedikit pedas memicu benjolan bertambah besar dan memicu produksi nanah bertambah banyak. Dan daerah anus saya perih cekot-cekot seperti ditusuk-tusuk.
Saya sudah tanya ke dokter lainnya, disarankan untuk melakukan foto
dengan diberi cairan untuk memastikan apakah: anus saya itu ada
hubungan dengan lubang bekas operasi saya atau tidak. Untuk perawatan sendiri tiap habis mandi/ berak saya beri cairan NaCL lalu saya tutup dengan perban.

Salam Mr. X

nurul mengatakan...

selamat malam, saya mau tanya kalau pasien dengan penyakit abses yang telah dioperasi, diet yang dianjurkan dan dipantang apa saja ya jenisnya? obat-ojbatan yang diberikan apa saja namanya dan fungsinya apa?
terima kasih.

Anonim mengatakan...

Selamat pagi:) saya mau tanya apa penyakit abses bisa menyerang hewan kelinci?? Kelinci saya mengalami benjolan di bagian leher yg ciri2nya seperti abses. Lalu bagaimana cara penangan yang baik??
Terimakasih

Unknown mengatakan...

selamat siang menjelang sore!! saya terkena abses d tenggorokan dan amandal minum obat apa yg d anjurkan dan pantangan apa yg saya hindari. terimakasih

Anonim mengatakan...

selamat pagi dok saya mau tanya sepupu saya kena penyakit abses sudah di pakum diambil kotorannya yang di benjolan itu ,namun sudah berjalan 10 hari masih aja besar dan masih mengeluarkan nanah .dok tolong berikan solusinya.

Unknown mengatakan...

Selamat pagi dok, saya mengalami pembekakan di daerah pipi sebelah kiri , saya lagi melakukan berobat rutin di rumah sakit , tapi selalu saja di kasih obat antibiotik terus terus , padahal sakit nya itu sampe ke kepala dan tenggorokaan terlalu pahit ..
Abses itu bisa sembuh dengan apaa ??

Unknown mengatakan...

Untuk keluhan abses dan yg lainnya bisa dibantu dengan meninhkatkan dan menstabilkan sistem pwrtahanan tubuh/ sistem imun
Salah satu caranya bisa konsumsi Transfer Factor
Info lbh detail bisa hub 087802345000 (wa)
Semoga informasinya bermanfaat

Unknown mengatakan...

Selamat pagi dok.izin bertanya saya sudah mengalami abses dipinggang sebelah kanan selama 2 bulan dan sudah di ambil tindakan operasi tetapi luka masih belum tertutup dan keluar cairan padahal setiap minggu hari selasa saya selalu kontrol dan diberi obat .mohon petunjuk atau masukan dok?

Unknown mengatakan...

Selamat siang dok.. saya mau tanya apakah abses mamae bs kambuh lagi.. dan apa aja pantangan makanannya..dok.

Anonim mengatakan...

Malam semua komentar,,
Saya mau mencoba membantu menjawab pertanyan-pertanyaan mengenai cara agar luka cepat kering. Dari pengalaman saya, saya menggunakan minyak kelapa "virgin coconut oil" dimana bisa membuat luka cepat mengering. Bahkan bisa juga menghindari bisul.
Pengalaman saya, saya memiliki benjolan besar pada pipi kiri, saya takut itu akan semakin besar, entah itu bakal bisul atau tumor, karna berhubung saya memang berjerawat, tp saya diminta oleh dokter untuk mengompresnya dengan VCO ini, 1-2 malam benjolan tersebut kempes dan hilang. pengalaman selanjutnya pada th 2014 lalu saya mengalami radang kulit di wajah karena pemakaian produk kadaluarsa, saya coba ke dokter kulit, tapi hasilnya tdk begitu berpengaruh dengan bermacam jenis obat, dari mulai sabun, krim hingga bedak. Sampai ada dokter yang meminta saya untuk menggunakan VCO saja, dioleskan 15 menit, hasilnya langsung terlihat dan lebih baik, bahkan dokter kuliat saya pun kaget mendengarnya.
Dari cerita saya diatas, yang saya tahu abses ini menyerupai bisul atau jerawat, mungkin,, dengan VCO ini juga bisa menyembuhkan absess bahkan tanpa harus operasi, terimakasih. :)

Obat Abses Anus mengatakan...

Hati-hati, abses juga bisa tumbuh pada anus.

Unknown mengatakan...

selamat pagi ....
kalau penderita abses liver tanpa mengalami keluhan/tanpa sebab ....
ditambah lagi penderita masih dalam keadaan mengandung?

saran dokter d suruh operasi dan terima kasih jawabannya d tunggu.
sekian dan terima kasih.
wassalaam.

Unknown mengatakan...

Selamat siang...
Anak saya baru aja operasi bisul bekas suntikan imunisasi sebelah kanan di usia 7 bulan di suntik nya.
Apa ada dampak akibat pembedahan bisul pada anak saya di kemudian hari nya.
Tolong beri saya penjelasan nya.
Soal nya saya hawatir sekali pada anak saya.
Terimakasih

Unknown mengatakan...

Selamat malam, ayah saya saat ini sedang dirawat di rs,dengan gejala diatas. Pertama cuma merasa nyeri di daerah perut, setelah sampai di rumah sakit terjadi pembengkakan di daerah ketiak, setelah di bedah ternyata memang berisi nanah. Apa itu termasuk abses, tolong bagaimana untuk penanganannya terima kasih

Unknown mengatakan...

Selamat malam dok, abses saya sudah sembuh dan kulit di pipi sudah menutup, keluhan saya adalah pipi saya menjadi menjorok ke dalem dibagian yg dilukai akibat dikeluarkannya nanahnya bagaimana cara agar pipi saya rata kembali seperti semula. Terima kasih

Unknown mengatakan...

Malam dok, saya ada abses di pantat tepat nya deket lubang anus, saya telah menjalani operasi, tapi sampai saat ini masih keluar cairan nanah. Bagaimana caranya agar abses saya ni cepet kering sembuh sehat agar saya bisa kembali hidup normal tidak merasa kan sakit lagi, terima kasih.

Unknown mengatakan...

selamat sore,
saya mau tanya ,, saya ada abses di bagian punggung sudah disedot sampai 3 kali selanjutnya malah bengkak dan disuruh operasi. saya operasi sudah 2x alhmdllah sudah kempes tapi kok tulang rusuk saya malah jadi patah ya dok..di sekitar bagian yang kena abses. apa benar tulang rusuk saya patah gara" virus abses.mohon penjelasannya ya dok terima kasih

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Getelang200917 mengatakan...

Paging dok, mau tanya, sy termasuk jarang sakit.tapi Salam 5thn sy beberapa Kali Kena abses. Abses di piping kiri,di bawah tulang pipi, sembuh Kali abses di dagu. Sebelumnya sempat berbulan2 abses di ujung atas IBU jari kaki kiri,BKN karna kuku tumbuh ke dlm. Sebelumnya di ibu jari kaki kanan. Sekarang abses di pangkal kuku IBU jari kanan Dan bersamaan di ujung atas jari Manis kaki kanan.sembuh bgitu Saja. Ga pale antibiotic. Kenapa ya dok sering abses (dibanding org lain)?.

Trmksh dok.

Getelang200917 mengatakan...

Pagi dok, mau tanya, sy termasuk jarang sakit.tapi dalam 5thn sy beberapa Kali Kena abses. Abses di pipi kiri: di bawah tulang pipi, sembuh Lalu abses di dagu. Sebelumnya sempat berbulan2 abses di ujung atas IBU jari kaki kiri,BKN karna kuku tumbuh ke dlm. Sebelumnya di ibu jari kaki kanan. Sekarang abses di pangkal kuku IBU jari kanan Dan bersamaan di ujung atas jari Manis kaki kanan.sembuh bgitu Saja,Tapi lama. Ga pakai antibiotic. Kenapa ya dok sering abses (dibanding org lain)?.

Trmksh dok.

Tika mengatakan...

Siang dok saya mau tanya, saya mempunyai abses di gigi saya. Adakah obat yg bisa hilangkan abses ini selain d cabut gigi?

Unknown mengatakan...

Sy prnh mengalami abses pd payudara sblh kiri.awalnya sumbatan asi/galaktokel.dokter sdh menyarankan utk operasi.tetapi sy memilih utk tdk operasi.sy konsumsi herbal.1 bln pertama,benjolan di pydr membesar,lalu pecah.keluar nanah cmpr darah.timbul luka borok yg lebar dan g kering2.bln ke 2,akhirnya sy pakai vco.diminum dan dioles.browsing2,akhirnya menemukan ikan kutuk/ikan gabus.seminggu konsumsi ikan gabus dg cr dikukus/direbus,luka cpt mengering hingga setengah nya.vco sy gunakan utk membersihkan luka,jg mengompres luka.4 bln sejak benjolan muncul,skrg tinggal mengeringkan sisa2 luka dlm.sy msh konsumsi kapsul ikan kutuk.hindari makanan2 instan,produk makanan yg diberi pakan sentrat,pilih yg alami/organik,jg jaga pola makan,jk ingin segera sembuh dan tidak kambuh2 lg.

Unknown mengatakan...

Siang dok.sy sakit paru paru udah satu tahun tapi belum sembuh juga setelah di ct scan ternyata ada nanah dirongga paru saya harus dioperasi.apakah setelah operasi nanah itu bisa timbul lagi.Terimakasih