Penyakit Abses

PENYAKIT ABSES

DEFINISI
Abses adalah suatu penimbunan nanah, biasanya terjadi akibat suatu infeksi bakteri.

Jika bakteri menyusup ke dalam jaringan yang sehat, maka akan terjadi infeksi.
Sebagian sel mati dan hancur, meninggalkan rongga yang berisi jaringan dan sel-sel yang terinfeksi.
Sel-sel darah putih yang merupakan pertahanan tubuh dalam melawan infeksi, bergerak ke dalam rongga tersebut dan setelah menelan bakteri, sel darah putih akan mati.
Sel darah putih yang mati inilah yang membentuk nanah, yang mengisi rongga tersebut.

Akibat penimbunan nanah ini, maka jaringan di sekitarnya akan terdorong.
Jaringan pada akhirnya tumbuh di sekeliling abses dan menjadi dinding pembatas abses; hal ini merupakan mekanisme tubuh untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut.
Jika suatu abses pecah di dalam, maka infeksi bisa menyebar di dalam tubuh maupun dibawah permukaan kulit, tergantung kepada lokasi abses.



PENYEBAB
# Suatu infeksi bakteri bisa menyebabkan abses melalui beberapa cara: bakteri masuk ke bawah kulit akibat luka yang berasal dari tusukan jarum yang tidak steril
# bakteri menyebar dari suatu infeksi di bagian tubuh yang lain
# bakteri yang dalam keadaan normal hidup di dalam tubuh manusia dan tidak menimbulkan gangguan, kadang bisa menyebabkan terbentuknya abses.

Peluang terbentuknya suatu abses akan meningkat jika:
# terdapat kotoran atau benda asing di daerah tempat terjadinya infeksi
# daerah yang terinfeksi mendapatkan aliran darah yang kurang
# terdapat gangguan sistem kekebalan.

Abses bisa terbentuk di seluruh bagian tubuh, termasuk paru-paru, mulut, rektum dan otot.
Abses sering ditemukan di dalam kulit atau tepat dibawah kulit, terutama jika timbul di wajah.

GEJALA
Gejala dari abses tergantung kepada lokasi dan pengaruhnya terhadap fungsi suatu organ atau saraf.
Gejalanya bisa berupa:
- nyeri
- nyeri tekan
- teraba hangat
- pembengkakan
- kemerahan
- demam.

Suatu abses yang terbentuk tepat dibawah kulit biasanya tampak sebagai suatu benjolan. Jika abses akan pecah, maka daerah pusat benjolan akan lebih putih karena kulit diatasnya menipis.
Suatu abses di dalam tubuh, sebelum menimbulkan gejala seringkali terlebih dahulu tumbuh menjadi lebih besar. Abses dalam lebih mungkin menyebarkan infeksi ke seluruh tubuh.

DIAGNOSA
Abses di kulit atau dibawah kulit sangat mudah dikenali, sedangkan abses dalam seringkali sulit ditemukan.
Pada penderita abses, biasanya pemeriksaan darah menunjukkan peningkatan jumlah sel darah putih.

Untuk menentukan ukuran dan lokasi abses dalam, bisa dilakukan pemeriksaan rontgen, USG, CT scan atau MRI.


PENGOBATAN
Suatu abses seringkali membaik tanpa pengobatan, abses pecah dengan sendirinya dan mengeluarkan isinya.
Kadang abses menghilang secara perlahan karena tubuh menghancurkan infeksi yang terjadi dan menyerap sisa-sisa infeksi. Abses tidak pecah dan bisa meninggalkan benjolan yang keras.

Untuk meringankan nyeri dan mempercepat penyembuhan, suatu abses bisa ditusuk dan dikeluarkan isinya.

Suatu abses tidak memiliki aliran darah, sehingga pemberian antibiotik biasanya sia-sia.
Antibiotik bisa diberikan setelah suatu abses mengering dan hal ini dilakukan untuk mencegah kekambuhan. Antibiotik juga diberikan jika abses menyebarkan infeksi ke bagian tubuh lainnya.

11 komentar:

Inggar mengatakan...

Selamat, pagi.. saya mau tanya, saat ini ayah saya sedang sakit, menurut dokter umum (yg ada di dekat rumah) katanya ayah saya terkena Abses di kaki nya. gejala nya memang mirip seperti deskripsi diatas, setelah pecah gelembungnya, kaki ayah saya disayat untuk mengeluarkan kulit dan nanahnya. sapami sekarang kaki ayah saya masih seperti yang borok besar. jujur sebagai orang awam saya ga tega liatnya, tp kata dokter itu tdak apa. sya minta bantuan, apa yg harus sya lakukan untuk penyakit Ayah saya. Terima kasih

febrinaaa mengatakan...

Selamat siang..
Saya ingin menanyakan ttg pantangan mknan bagi penyakit abses..
Pacar saya mengidap pnykt itu..
Benjolan nanah di Leher kanan sudah pecah.. namun lukanya bloom tertutup.
Apa yg harus dilakukan..
Terimakasih..

febrinaaa mengatakan...

Selamat siang..
Saya ingin menanyakan ttg pantangan mknan bagi penyakit abses..
Pacar saya mengidap pnykt itu..
Benjolan nanah di Leher kanan sudah pecah.. namun lukanya bloom tertutup.
Apa yg harus dilakukan..
Terimakasih..

saracensa mengatakan...

I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

agussalam mengatakan...

selamat sore...
saya mau nanya, apa pantangan makanan buat penderita abses?
di tunggu jawabannya.. :)
terima kasih...

Anonim mengatakan...

selamat sore.....
saya ingin menanyakan saya sudah 2x d operasi penyakitnya sama kata dokter katanya abses tapi d operasinya d bagian payudara kenapa kl abses tidak ada mata nya terus kenapa sampe bisa terjadi 2x?apa yg harus saya lakukan supaya penyakit ini tidak muncul lagi?

terimakasih.....

Anonim mengatakan...

Ibu neneng berkata...
Selamat siang...saudara saya mangalami benjolan di pelipis bagian kiri nya, kalau diraba keras tetapi tidak terasa.
Sudah di rongen 2 kali tetapi penyakitnya tidak dapat terditeksi.
Apakah itu juga termasuk penyakit abses?

aoernie mengatakan...

assalamu'alaikum .. Ya saya pernah menderita penyakit itu ... Namun pengobatannya saya dengan 3 hari opname setelah di opname tidak ada hasil'a sehingga saya dilarikan ke dokter bedah ... Dan akhirnya saya di operasi bagian pipi dalam karena abses saya terjadi dipipi kanan dalam ..... Setelah saya baca posting ini .. Saya berfikir obat yang masuk k tubuh saya ketika opname itu sia-sia dan membuang uang begitu banyak

Ronny mengatakan...

Anti biotik tidak bisa menyembuhkan abses, karena lokasi abses tidak ada pembuluh darahnya. solusinya adalah meningkatkan kekebalan tubuh dan mengkonsumsi ionic colloidal silver water, dan jika luka sudah terbuka dapat disemprotkan langsung ke luka, umumnya dalam 5 hari luka sudah sembuh tertutup kembali. Ronny 0818871261 (untuk informasi silver water)

abdul latip mengatakan...

selamat pagi, saya mau tanya apa obat dari penyakit abses? saya sudah ampir 6 bulan menderita penyakit itu di leher saya, terimakasih.

Rafina Apriani mengatakan...

selamat siang..

saya ingin bertanya,apa kira2 obat atau ramuan atau tindakkan untuk mengurangi nyeri dan ngilu pada bagian yang terkena abses, karena Ibu saya sudah 2 minggu sejak didiagnosa dokter terkena abses dibagian payudara sebelah kanan terus mngalami rasa ngilu, bengkak (seperti benjolan memerah) dan panas.sementara untuk ditindak lanjut ke pembedahan untuk mengeluarkan nanahnya dokter belum menyarankan krn gula darah Ibu saya sedang naik.

terimakasih..